The Warren Buffet Way Buku Panduan Untuk Investor Pemula

Banyak buku yang menulis tentang Warren Buffet. Salah satu yang terkenal adalah The Warren Buffet Way karangan Robert G. Hagstrom. Meskipun buku ini ditulis pada pertengahan 90an, bukuini masih populer dan isi masih relevan sampai saat ini.

Warren Buffet adalah seorang investor besar yang memulai berinvestasi dengan beberapa ratus dollar pada tahun 1956 dan saat ini kekayaannya sudah mencapai US$1.85 milyar. Bersama perusahaan investasinya, Bershire Hathaway, Warren Buffet memiliki berinvetasi dengan kepemilikan signifikan di perusahaan-perusahaan besar yang tercatat di Wall Street.

Meskipun tidak mewawancarai Warren Buffet secara langsung, Robert G. Hagstrom mendapatkan ijin untuk mengutip langsung laporan tahunan Bershire Hathaway di mana Warren Buffet menjelaskan pandangannya. Buku ini akan membawa pembacanya melalui proses bagaimana memilih perusahaan bagus yang dijual pada harga diskon. Prinsip-prinsip dasar yang digunakan Warren Buffet untuk berinvetasi dijelaskan dengan baik: Prinsip Manajemen, Prinsip Finansial, Prinsip Pasar dan Prinsip Bisnis.

Sebelum berinvestasi di sebuah perusahaan, kita harus yakin bahwa bisnis tersebut sederhana dan dapat dimengerti. Keputusan berdasarkan sektor yang sedang HOT dan dibicarakan banyak orang bukanlah keputusan yang baik. Sebuah bisnis harus memiliki sejarah yang konsisten. Kinerja tahunannya harus dievaluasi. Meskipun kinerja baik di masa lalu tidak menjamin di masa depan terulang, pemahamannya akan menjelaskan beberapa aspek, bagaimana mereka menjalankan bisnis dan apakah menarik untuk prospek jangka panjang. Sukses akhir investor tergantung dari pemahamannya terhadap investasi tersebut.

Warren Buffet menekankan akan pemahamannya terhadap kerja bisnis, pemasukan, pengeluaran, cash flow, hubungan tenaga kerja, fleksibilitas harga dan kebutuhan alokasi modal. Berdasarkan itu, kesuksesan investasi tidak tergantung dari seberapa banyak kita tahu, tetapi seberapa realistis kita mendefiniskan hal-hal yang kita tidak tahu.

Buku ini sangat baik dibaca oleh investor pemula untuk memperluas wawasan.