asuransi mobil all-risk

Lindungi mobil kita dengan asuransi

Bagaimana Anda menghadapi risiko yang berbeda? Tentu saja, risiko banjir, kecelakaan, atau pencurian sering kali tidak dapat diprediksi atau diperkirakan saat terjadi. Salah satu cara untuk menghadapi risiko ini adalah dengan membeli asuransi mobil.

Asuransi mobil akan menanggung berbagai risiko yang kita hadapi sebagai pemilik mobil. Saat ini terdapat dua jenis asuransi kendaraan bermotor sebagai bagian dari asuransi kendaraan bermotor, yaitu asuransi komprehensif atau biasa disebut asuransi risiko mobil dan asuransi kerugian komprehensif atau dikenal dengan istilah total loss only (TLO).

Pahami semua risiko asuransi mobil

Asuransi mobil all-risk memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan, baik kehilangan sebagian atau seluruh kendaraan akibat risiko yang ditetapkan dalam polis. Asuransi ini menanggung risiko kerusakan ringan, sedang dan berat.

Perlindungan asuransi mobil all-risk

Sebagai contoh sederhana, jika mobil kita tergores, asuransi all-risk akan menanggung risiko tersebut. Dengan kata lain, perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan mobil yang rusak tersebut. Hal-hal berikut ini termasuk dalam pertanggungan asuransi mobil all risk.

Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau jatuh.
perbuatan jahat.
Pencurian termasuk pencurian yang didahului atau diikuti dengan tindakan kekerasan.
Kebakaran (termasuk petir).
Penyebab saat menyeberangi laut dengan feri.
Kerusakan roda jika kendaraan rusak akibat kecelakaan.
Biaya perawatan/transportasi ke bengkel terdekat.
Pengecualian dalam polis asuransi mobil all-risk

Polis Asuransi Kendaraan Seragam Indonesia mengatur sejumlah pengecualian dari pertanggungan asuransi kendaraan all-risk. Misalnya, kehilangan atau kerusakan kendaraan yang digunakan untuk kursus mengemudi tidak dapat ditanggung oleh asuransi mobil.

Selain itu, jika mobil dicuri oleh anggota keluarga, termasuk kerabat, atau dicuri oleh seseorang yang tinggal di rumah yang sama, tidak akan ditanggung oleh asuransi all risk.

Pengecualian untuk Polis Asuransi All Risks

Polis asuransi kendaraan standar Indonesia mengatur beberapa pengecualian untuk asuransi mobil ini, misalnya, kehilangan atau kerusakan kendaraan yang digunakan dalam siklus mengemudi tidak mencakup semua pertanggungan asuransi risiko mobil.

Selain itu, jika mobil dicuri oleh anggota keluarga, termasuk kerabat, atau dicuri oleh seseorang yang tinggal di rumah yang sama, tidak akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk.

Asuransi Mobil Premi All Risk

Pada dasarnya, asuransi mobil all-risk lebih mahal daripada asuransi TLO. mengapa? Karena pertanggungan asuransi mobil all risk lebih banyak dari pertanggungan asuransi TLO.

Selanjutnya, jika pemilik mobil membeli produk asuransi mobil dengan risiko tambahan seperti huru-hara, banjir, atau kerusakan lainnya, premi asuransi mobil all-risk tentu saja lebih mahal.

Satu perusahaan asuransi swasta melaporkan bahwa premi untuk asuransi mobil all-risk bisa setinggi 1,05-4,2 persen dari harga pembelian kendaraan.

Misal kita punya mobil seharga 200 juta rupiah. Dengan banyaknya risiko yang telah ditentukan, maka tarif premi yang kami pilih adalah 2 persen dari harga mobil. Jadi, premi yang harus kita bayarkan adalah Rp 4 juta per tahun.

Asuransi mobil all risk biasanya dibeli oleh mereka yang memiliki mobil baru dengan harga yang relatif tinggi. mengapa? Misalnya, mobil baru, yang berusia 0-5 tahun, dan masih mulus, dapat mengalami keausan. Selain itu, biaya perbaikan mobil yang mahal relatif tinggi jika terjadi kecelakaan atau kerusakan, sehingga risikonya harus diserahkan kepada perusahaan asuransi.