4 Tips Mudah Untuk Memperoleh Uang Saku Tambahan Bagi Para Mahasiswa Tingkat Akhir

MAHASISWA dengan segala dilema dalam kehidupan perkuliahannya, akan jauh lebih dilematis jika telah menginjak tahun terakhir dalam pengorbanannya untuk segera lulus. Akan tetapi, untuk mencapai kelulusan itu tak mudah loh, banyak hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir yang tak jarang pula membutuhkan biaya ekstra. Uang saku reguler yang biasa diterima oleh para mahasiswa biasanya tidak cukup untuk meng-cover segala kebutuhan perkuliahan dikarenakan banyak jam perkuliahan yang dihabiskan di luar kampus untuk memenuhi nilai kerja lapangan.

Kamu mahasiswa tingkat akhir yang sedang dilema di dalam perihal keuangan dan butuh uang tambahan? Di sini kamu bisa ngedapetin jawabannya.

1. Hemat Pangkal Kaya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berhemat. Uang saku yang diberikan bulanan oleh orang tuamu jangan langsung kamu habiskan dalam satu waktu. Yang paling sering terjadi adalah kamu kalap dan menghabiskan uangmu dalam sekejap di mall atau departement store terdekat. Kamu melupakan bahwa masih ada 29 hari lagi yang harus kamu jalani, apalagi jika kamu hidup terpisah dari orang tuamu. Kamu harus membayar kos dan biaya makan sehari-hari. Dan karena kamu adalah mahasiswa tingkat akhir, kamu justru banyak membutuhkan dana tambahan untuk keperluan perkuliahan kamu. Buatlah perencanaan keuanganmu dalam sebulan. Buat pos-pos yang terpenting dan jangan lupa pos “tabungan” harus termasuk juga ya di dalam pos penting dalam perencanaan keuangan kamu. Yang terpenting adalah, lakukan dengan disiplin semua perencanaan pengeluaranmu, jangan hanya kau jadikan sebagai wacana! Maka, pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” pun harus kamu ikuti agar keuangan kamu sebagai mahasiswa akhir bisa sedikit membaik.

2. Kerja Paruh Waktu

Jika menabung tidak berhasil, kamu bisa cari-cari info tentang pekerjaan paruh waktu atau part time. Contohnya kamu bisa melamar untuk menjadi penulis lepas, guru les, atau hanya sekedar menjadi admin di sosial media sebuah perusahaan. Hal ini tentunya dapat menjadi pilihan yang sangat menjanjikan dan mudah untuk dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang sibuk-sibuknya menjalani perkuliahan. Kamu dapat apply CV kamu tanpa harus bepergian dari tempat kamu sekarang, hanya dengan menggunakan internet, tunggu sampai pihak kantor menghubungimu, dan wala… penghasilan tambahan akan datang setiap bulannya ke kantongmu tanpa butuh banyak basa-basi.

3. Berbisnis

Kamu merasa kamu memiliki jiwa dagang yang tinggi? Mulailah untuk melirik pada dunia bisnis. Mengapa tidak kamu gunakan keahlianmu tersebut untuk menambah pundi-pundi rupiahmu. Jaman sekarang, untuk berdagang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Selain dengan menjual secara langsung kepada pembeli, kamu juga dapat menggunakan media sosial yang sedang in untuk menjual produk-produk unik kamu. Mulai dari facebook, twitter, path hingga instagram dapat memberimu janji bahwa berjualan tidak melulu harus dilakukan secara langsung. Buatlah sedikit inovasi pada barang yang sedang naik daun. Atau kamu hobi berkuliner? Kamu dapat menjadikan wisata kulinermu selama ini sebagai referensimu untuk berbisnis kuliner secara online! Dengan sedikit menambah kelebihan dari produkmu, alhasil daganganmu akan laku keras di dunia Online Shopping.

4. Menekuni Hobi

Yang terakhir ini pasti sering terlewatkan olehmu para mahasiswa tingkat akhir. Kamu bisa menjadikan hobimu sebagai ladang uang loh. Kamu hobi membaca? Sering-seringlah menulis review buku di blogmu atau carilah pekerjaan paruh waktu untuk menulis review buku. Atau kamu hobi olahraga? Ikutilah lomba atau turnamen olahraga. Selain kamu dapat mengasah kemampuanmu dalam berolahraga, jika menang lumayan kan hadiahnya. Carilah celah pada hobimu yang dapat memberimu penghasilan tambahan dan patut kamu ketahui. Hobi adalah sesuatu yang sangat kamu senangi. Maka jika kamu bekerja untuk apa yang kamu senangi, niscaya kamu tidak akan cepat merasa bosan. Mencari penghasilan tambahan dengan menekuni hobi juga dapat meningkatkan prestasimu di luar prestasi akademismu loh.