layar laptop hitam saat dinyalakan

Layar Laptop Hitam Saat Dinyalakan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop merupakan salah satu perangkat yang dapat dikatakan cukup wajib untuk dimiliki terutama oleh pekerja maupun pelajar. Namun tak dapat dipungkiri jika laptop yang digunakan tersebut dapat mengalami gangguan. Adapun salah satu gangguan tersebut yakni layar laptop hitam saat dinyalakan.

Biasanya, masalah tersebut cukup umum terjadi jika laptop tersebut sering digunakan dan dalam perawatan yang salah. Namun sebenarnya apa hal yang dapat menyebabkan kerusakan tersebut terjadi?

Untuk itu, dalam uraian ini akan diberikan penjelasan terkait dengan penyebab dari layar laptop yang saat dinyalakan berwarna hitam yang harus dihindari. Selain itu, dalam uraian ini juga akan diberikan penjelasan terkait dengan cara mengatasinya.

Penyebab Layar Hitam Laptop Saat Dinyalakan

Laptop yang mengalami masalah layar hitam tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Penyebab-penyebab ini termasuk kesalahan pada hardware, kerusakan pada display, kerusakan pada baterai, dan kesalahan pada software.

Kesalahan pada hardware seperti keyboard, kabel yang aus ataupun mouse tentu dapat mempengaruhi kinerja layar laptop. Sehingga bisa juga menyebabkan layar menjadi hitam saat dinyalakan. Kerusakan pada display dapat mengakibatkan tampilan gambar atau layar laptop menjadi tidak responsif.

Baterai yang rusak atau sudah sangat lemah juga dapat menjadi penyebab layar laptop menjadi hitam. Kesalahan pada sistem operasi, seperti Windows, atau perangkat lunak lainnya, juga bisa menyebabkan laptop mengalami layar hitam.

Cara Mengatasi Layar Laptop Berwarna Hitam Saat Dinyalakan

Setelah mengetahui penyebabnya, maka hal selanjutnya yang harus diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Untuk itu, simak cara berikut ini:

1. Atur BIOS ke Mode Default

Untuk mengatasi masalah layar hitam pada laptop yang tetap menyala, salah satu metode yang dapat digunakan adalah memasuki BIOS. Pendekatan ini telah terbukti cukup efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasuki BIOS dan memperbaiki layar hitam pada laptop:

  • Hidupkan laptop.
  • Tekan salah satu tombol pintas BIOS, seperti F2, F8, F11, atau Delete.
  • Setelah masuk ke halaman BIOS, buka menu Exit > Load Defaults > OK.
  • Pilih opsi Save Changes and Exit.

Selain memasuki BIOS, alternatif lain adalah dengan melepas baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) dan memasangkannya kembali setelah beberapa menit. Tindakan ini akan mengembalikan konfigurasi BIOS ke mode default, yang dapat membantu memperbaiki masalah layar hitam pada laptop.

2. Cek Kondisi Screen

Apabila mesin laptop mengeluarkan suara tetapi layar menjadi blank atau hitam, kemungkinan besar masalahnya terletak pada bagian layar.

Untuk memeriksanya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengecek kondisi layar laptop:

  • Tekan tombol CapsLock atau NumLock dan periksa apakah lampu status tombol tersebut menyala.
  • Jika lampu status menyala, tekan dan tahan tombol Windows + Ctrl + Shift + B. Jika sistem Windows responsif, akan terdengar bunyi “bip” singkat.
  • Jika lampu status tidak menyala atau tidak terdengar bunyi “bip”, langkah selanjutnya adalah mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol “Power” selama 10 detik.
  • Setelah mematikan laptop, cabut adaptor dan tunggu selama 30 detik sebelum menyalakannya kembali. Biasanya, layar akan kembali menyala secara normal setelah itu.
  • Alternatif lainnya adalah menghubungkan laptop ke layar eksternal menggunakan port VGA atau HDMI.
  • Jika gambar muncul di layar eksternal, maka masalahnya kemungkinan terletak pada LCD laptop. Namun, jika tidak ada gambar, mungkin terjadi kerusakan pada port VGA.

3. Lakukan Hard Reset

Jika laptop mengalami masalah layar hitam saat dinyalakan, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan melakukan hard reset. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Matikan laptop dan cabut charger jika sedang dalam keadaan dicharge. Selanjutnya, keluarkan baterai laptop.
  • Pastikan untuk melepaskan semua perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse.
  • Biarkan laptop dalam keadaan mati selama minimal 30 detik hingga satu menit.
  • Setelah itu, tahan tombol Power yang ada pada laptop kurang lebih selama 60 detik.
  • Pasang kembali baterai laptop dan bisa dilanjutkan dengan sambungkan charger.
  • Terakhir, hidupkan kembali laptop Anda.

Itulah uraian terkait dengan penyebab dari layar laptop hitam saat dinyalakan. Selain itu, dalam uraian ini juga telah diberikan penjelasan terkait dengan cara mengatasinya.