Ingin mencapai kebebasan finansial? Lakukan 11 kebiasaan ini

Mencari kemandirian finansial atau serikat keuangan adalah tujuan bagi banyak orang. Kebebasan finansial umumnya berarti memiliki tabungan, investasi, dan uang untuk membeli gaya hidup yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga kita.

Hal ini bisa terjadi pada semua orang. Namun, jika Anda ingin menghindarinya dan menikmati kebebasan finansial, sebelas kebijakan ini dapat menempatkan Anda di jalan yang benar.

1. Tetapkan tujuan Hindu

Agar keinginan ini lebih terlihat dan terukur, coba tuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, bagaimana Anda dan Anda hidup? Semakin spesifik tujuan Anda, semakin besar kemungkinan untuk memintanya.

Kemudian, kembalilah sesuai dengan usia Anda saat ini dan secara berkala tentukan kecenderungan keuangan Anda. Tuliskan semuanya dengan rapi, dan letakkan lembar tujuan di awal tautan keuangan Anda.

2. Buat anggaran

Membuat dan berpegang teguh pada anggaran rumah tangga bulanan adalah cara terbaik untuk menjaga semua tagihan tetap pada jalurnya. Ini juga merupakan rutinitas bulanan yang memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad Anda untuk menahan godaan untuk membelanjakan lebih banyak.

3. Bayar kartu kredit secara penuh

Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi lainnya juga bermanfaat untuk pengembangan dari waktu ke waktu. Pilih titik untuk melunasi saldo selama setengah bulan. Jangan membeli barang dengan kartu kredit kecuali Anda dapat membayar tagihan tanpa menjalani kehidupan normal.
4. Buat penghematan otomatis

Daftarkan diri Anda dalam rencana perusahaan tempat Anda bekerja dan manfaatkan sisanya. Sebaiknya ada penarikan tabungan otomatis untuk dana darurat yang bisa digunakan untuk pengeluaran tak terduga.

Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama ketika Anda menerima gaji Anda sehingga uang itu tidak pernah menyentuh tangan Anda. Saya dapat membantu Anda menghindari godaan untuk menggunakan uang.
5. Mulai berinvestasi sekarang

Ada dua jenis investasi yang bisa Anda pilih, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek berguna untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan jangka pendek Anda. Sementara itu, investasi jangka panjang membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Ada berbagai perbedaan lain antara investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel Investasi Jangka Panjang vs. Investasi Jangka Pendek.
6. Pantau kredit Anda

Skor kredit seseorang mempengaruhi hal-hal yang tampaknya tidak berhubungan, seperti asuransi mobil dan asuransi jiwa nyata. Pasalnya, seseorang dengan kebiasaan keuangan yang sembrono juga cenderung mogok dalam aspek kehidupan lain seperti mengemudi dan minum. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda hitam palsu yang merusak reputasi baik Anda.

7. Pendidikan Berkelanjutan

Tinjau semua perubahan undang-undang yang berlaku setiap tahun untuk memastikan Anda membutuhkannya. Ikuti perkembangan berita keuangan dan perkembangan di pasar saham dan jangan ragu untuk mengunjungi website Anda. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik melawan mereka yang mencoba melakukan investasi palsu.

8. Perawatan yang tepat

Perawatan akar yang baik membuat semuanya bertahan lebih lama. Rawat mobil dan mesin mobil Anda dengan sepatu dan pakaian Anda. Merawat barang-barang Anda dapat membantu Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membeli barang-barang pengganti dalam waktu dekat. Artinya, Anda bisa lebih hemat.
9. Hidup dengan kebutuhan finansial Anda

Banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup berdasarkan kemampuan mereka sebelum mereka naik ke status sejahtera. Anda perlu membuat penyesuaian kecil dengan membedakan hal-hal yang Anda butuhkan dari hal-hal yang Anda inginkan. Ini adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial dan sehat untuk dipraktikkan.

10. Dapatkan penasihat keuangan

Mendapatkan nasihat keuangan adalah hal yang penting. Seorang penasihat keuangan akan membantu Anda terus membuat keputusan yang bijaksana tentang uang yang Anda miliki. Anda tidak perlu membayar pinjaman keuangan jika Anda tidak memiliki uang. Anda dapat mencari informasi dengan menonton YouTube, membaca buku, atau berbicara dengan teman-teman Anda yang telah berhasil mengembangkan kemandirian finansial.

11. Jaga kesehatanmu

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Obesitas dan penyakit menyebabkan lonjakan asuransi. Kesehatan yang buruk dapat memaksa Anda untuk pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih sedikit. Jadi Anda harus bisa menjaga kesehatan tubuh agar bisa mencapai kemandirian finansial di masa depan.