Mengenal Istilah-Istilah Penting Dalam Asuransi

Banyak sekali pihak yang memilih untuk memiliki asuransi sebagai jaminan diri dan juga orang terkasih dimasa tuanya nanti. Tidak hanya jaminan diri, asuransi juga digunakan sebagai jaminan dari harta benda yang dimiliki.

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan produk asuransi ini, maka hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dari bisnis asuransi itu sendiri. Asuransi tidak dapat menghilangkan sebuah risiko akan terjadinya peristiwa tak terduga, namun dengan adanya asuransi dapat mengurangi dampak kerugian yang terjadi.

Peluang bisnis asuransi kini terbilang cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi yang mulai mengembangkan produknya sesuai dengan keinginan pasar. Salah satunya adalah dengan mengembangkan berbagai jenis asuransi yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat.

Pengertian & Mengenal Istilah Penting Asuransi

Pengertian dari asuransi itu sendiri adalah perjanjian yang terjadi antara pihak pengguna dengan pihak perusahaan, dimana untuk pihak yang tertanggung wajib melakukan pembayarab iuran atau premi. Hal ini dilakukan untuk penggantian atas risiko kerusakan, kerugian, bahkan kehilangan yang dapat terjadi akibat peristiwa tidak terduga.

Asuransi memiliki banyak sekali jenis yang berbeda. Namun sebelum Anda memulai bisnis asuransi ini, sebaiknya pelajari dulu mengenai apa saja istilah penting bisnis asuransi.

Premi Asuransi

Istilah pertama yang perlu Anda pelajari adalah premi asuransi atau biasa disebut dengan iuran. Premi merupakan suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh pengguna kepada perusahaan asuransi yang menaunginya. Tujuan pembayaran premi ini adalah untuk pembayaran jasa pengalihan risiko. Setelah premi lunas, maka asuransi baru bisa digunakan.

Polis Asuransi

Istilah selanjutnya dari bisnis asuransi ini adalah polis asuransi. Istilah polis asuransi merupakan istilah penting asuransi yang berupa dokumen resmi yang dijadikan sebagai dasar hukum antara hubungan dari pihak pengguna maupun pihak perusahaan.

Polis juga dibuat secara tertulis, namun tidak dapat berfungsi sebagai dasar dalam pembayaran biaya ganti rugi atas kerusakan maupun kehilangan yang tengah dialami oleh penggunanya.

Klaim Asuransi Istilah Paling Penting

Istilah penting bisnis asuransi selanjutnya adalah klaim asuransi yang dilakukan oleh pengguna terhadap perusahaan. Klaim ini menjadi permohonan resmi yang ditujukan kepada perusahaan untuk melakukan pembayaran atas ganti rugi kerusakan ataupun kehilangan berdasarkan ketentuan dari polis asuransinya.

Setelah proses klaim asuransi dilakukan oleh pihsk pengguna, maka selanjutnya pihak perusahaan akan melakukan uji validasi atas klaim yang diajukan sebelum proses pembayaran dilakukan. Ketiga istilah penting bisnis asuransi ini sudah pasti ada didalam setiap bisnis asuransi. Tidak hanya istilah penting, ada juga berbagai jenis insurance yang bisa Anda pelajari. Jenis asuransi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ragam jenis asuransi ini mulai dari asuransi bisnis, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan. Hingga yang paling sering digunakan adalah asuransi jiwa. Beragam jenis dari asuransi ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menanggung risiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan tak terduga.