Cara Memanfaatkan Aplikasi Bansos Kemensos untuk Mengatasi Masalah Keuangan

Anda sedang mengalami masalah keuangan? permasalahan keuangan memang bisa dialami oleh siapapun tanpa terkecuali. Siapapun yang terdampak akan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa hal yang menyebabkan, bukan hanya karena tidak pandai mengatur keuangan, bisa juga karena kebutuhan yang tidak terduga, dan kurangnya pemasukan yang diterima berbanding dengan yang dikeluarkan.

Cara Mengatasi Masalah Keuangan

Cara-cara ini bisa terapkan untuk mengatasi kondisi keuangan yang sedang bermasalah.

1. Buatlah catatan pengeluaran dan pemasukan

Membuat catatan adalah strategi penting yang harus diterapkan. Dengan membuat catatan, anda dapat memperkirakan pemasukan yang anda miliki dan pengeluaran yang akan anda keluarkan.
Catatan ini akan sangat berguna untuk membandingkan antara bulan berjalan dengan bulan sebelumnya. Tekan gaya hidup sesederhana mungkin, tinggalkan gengsi jika anda ingin segera keluar dari kondisi ekonomi yang terpuruk ini.

2. Mencari tambahan penghasilan

Carilah pekerjaan lain yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Janganlah terlalu pilih-pilih dengan pekerjaan. Apabila kantor anda meminta untuk lembur, terimalah segera selagi anda bisa melakukannya. Anggaplah upah lembur Rp 50.000,/jam. Anda lembur selama 2 jam saja, bukankah cukup untuk membeli makan ataupun tambahan biaya listrik?

Penghasilan tambahan yang anda dapatkan janganlah digunakan untuk memenuhi keinginan yang tidak penting. Selagi bisa ditahan, tahanlah. Komitmenlah dengan apa yang sudah anda tekadkan dalam memperbaiki kesulitan ekonomi yang tengah anda hadapi saat ini.

3. Menjual atau Menggandaikan Aset

Cara alternatif bagi anda membutuhkan dana tunai secara cepat. Aset berharga yang anda miliki berupa emas, sertifikat tanah ataupun rumah, barang elektronik, atau bahkan surat-surat kendaraan bisa dimanfaatkan dengan cara dijual maupun dijadikan jaminan di pegadaian. Aternatif ini terbilang aman untuk anda pilih.

4. Memanfaatkan bantuan Dana Sosial Kemensos

Semenjak pandemi, pemerintah melalui Kemensos meluncurkan bantuan-bantuan yang ditujukan untuk masyarakat dalam membantu perekonomian. Bantuan dari pemerintah yang telah disalurkan berupa bantuan langsung tunai, bantuan sembako, kuota internet bagi para pelajar/mahasiswa, bantuan untuk UMKM, bantuan subsidi listrik, kartu prakerja, hingga pembebasan pajak.

Daftar Disini Jika Belum Pernah mendapatkan Bantuan Sosial Pemerintah

Daftar Baru Bansos Kemensos

Tidak ada salahnya memanfaatkan bantuan ini. Seperti bantuan UMKM, anda bisa mendaftar bantuan UMKM dengan memulai usaha kecil-kecilan di rumah sebagai persyaratan pendaftaran. Bantuan subsidi listrik juga bisa untuk mengurangi pengeluaran biaya listrik.
Mendaftar bantuan sembako ke petugas lingkungan setempat juga dapat meringankan biaya membeli kebutuhan pokok seperti minyak, beras, gula, dll.

Bansos bantuan uang tunai bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya dan anda bisa sedikit lebih berhemat untuk keperluan yang lain.

Nah, itulah beberapa langkah ini anda bisa terapkan untuk mengatasi kesulitan keuangan, Anda juga bisa menggunakan Aplikasi Bansos untuk membantu Anda mengkases bansos lebih awal. Hal ini bisa meminimalisir kesulitan ekonomi yang akan dihadapi.