9 Target Hidup Yang Penting Kamu Capai Sebelum Usia 30-an

Pada usia menuju 30 tahun tentu kamu sudah bekerja, mempunyai banyak skill dan pengalaman. Diusia ini pula tentu kamu punya keinginan untuk improve to be better. Kamu sudah siap juga menempuh fase baru dalam kehidupanmu. Nah, berikut ini beberapa target yang penting untuk kamu capai sebelum usia 30-an.

1. Kehidupan Yang Lebih Mapan Layak Kamu Dapatkan Di Usia 30-an

Sepanjang usia 20-an kamu tentunya sudah cukup kenyang makan garam bekerja banting tulang kan? Meskipun kamu sudah bekerja menjalaninya dengan cukup semangat.

Saat menginjak usia 30 kamu sudah nggak seharusnya masih berkelana hilir mudik mencari pekerjaan yang sesuai denganmu ya sob. Sebelum usia ini kamu sudah harus berjuang untuk membangun karirmu dengan membangun jaringan yang luas dengan jenjang karir yang semakin menanjak.

2. Kamu Pantas Bahagia Dengan Banyak Berbagi

Kebahagiaan adalah membahagiakan orang lain. Di usia menuju 30-an kamu melihat hidup bukan hanya tentang dirimu sendiri. Lihatlah lagi dirimu. Apakah kamu punya sesuatu untuk dibagi? Diusia ini seharusnya kamu sudah bisa membagi pengalamanmu demi kemajuan orang lain disekitarmu. Kesuksesan adalah dia yang tak hanya mengisi gelasnya sendiri sampai penuh.

Pengalamanmu sudah banyak kamu sudah layak menjadi mentor bagi angkatan kerja yang baru. Kamu sudah bukan junior lagi jadi tak layak untuk gegabah dalam bertindak karena kamu adalah panutan. Jangan pernah menganggap ini juga sebagai beban untuk memberikan ilmu pada junior, sebab banyak lho keuntungannya:

Kamu punya kesempatan menemukan rekan junior yang punya potensi besar untuk berperan besar bagi masa depan kantor. Skill kepemimpinan dan komunikasi jelas kamu dapatkan Punya banyak saudara baru.

Di kantor kita memang junior dan senior tetapi diluar itu kamu menganggapnya sama saja bahkan sudah seperti saudara. Nah, jika hubungan yang baik dan hangat terjalin tentu bekerja akan semakin menyenangkan kan.

3. Punya Kelebihan Uang? Berpikirlah Untuk Menabung Dan Lebih Baik Berinvestasi

Di usia sekarang ini kamu sudah harus menyiapkan masa depan secara matang. Kelebihan uangmu yang hanya berbentuk rekening gendut di bank lebih baik kamu investasikan. Kamu harus benar-benar telah mempersiapkan masa depan dengan investasi yang menguntungkan. Memang semua butuh waktu yang tidak sedikit untuk mencapai hal ini. Nah, jika kamu sudah tahu mulai dari sekarang kamu sudah tahu mau dibawa kemana uangmu itu?

4. Kesehatanmu Itu Nomor Wahid

Kebugaran tubuhmu wajib kamu perhatikan. Jagalah tubuhmu karena apalah gunanya banyak uang tapi sakit-sakitan. Kalau bukan kamu yang menjaganya siapa lagi?

Tubuh kita tak selamanya sehat. Seiring bertambahnya usia tentu tubuh kita akan rentan terhadap penyakit. Kamu harus sadar bahwa kesehatan adalah asset yang tak ternilai harganya. Jadi, kamu wajib untuk lebih keras menjaga kesehatan dengan mengatur jadwal untuk berolahraga. Ikut nge-gym atau mungkin jalan-jalan rutin setiap pagi di sekitar komplek rumahmu meskipun hanya sebentar tapi rutin. Berenang atau jogging juga bisa menjadi pilihan olahraga ringan untuk merawat kesehatanmu. Berat badan yang ideal, banyak makan buah dan sayur serta banyak minum air putih harus kamu perhatikan untuk menjaga kebugaran tubuhmu.

5. Semangat Belajarmu Harus Tetap Menyala. Tak Ada Salahnya Kamu Mengambil Gelar S2 Bahkan S3

Belajar tak mengenal usia. Mapan secara karier sebelum usia 30-an tak pantas membuatmu berhenti belajar. Tak akan pernah ada kamus berhenti belajar ya sob. Meskipun kini kamu masih usia muda sudah sukses dalam karir dan pribadi gak ada salahnya kamu justru melanjutkan studi. Pasca sarjana bisa kamu jadikan pilihan entah itu S2 atau bahkan S3. Mungkin juga yang lulus SMA langsung kerja kalian bisa juga melanjutkan gelas sarjana. Saat ini ada program UT atau Universitas Terbuka yang bisa kamu jadikan pilihan jika kamu sibuk bekerja.

Dedikasi tinggi memang mutlak diperlukan untuk yang melanjutkan studi, namun jika kamu gak punya waktu di siang hari kamu bisa coba juga ambil kuliah malam sama seperti yang dilakukan professional ataupun zaman melek teknologi sekarang ini kamu bisa ambil kelas online. Life is a choice! Keep fight!

6. Perkaya Dirimu Dengan Keterampilan Baru Yang Belum Akrab Denganmu

Kamu seorang yang humble dan periang punya banyak teman. Nah, ini adalah kesempatan besar untuk memperakaya dirimu dengan berbagai banyak ilmu. Saatnya kamu membuka diri untuk eksploitasi berbagai keterampilan baru agar hidupmu makin seru.

Kamu merasa tua secara tiba-tiba? Meskipun banyak umur semangatt juga harus nambah pula sob. Nggak aa salahnya lho kamu mencoba ikut kursus, misalnya kursus masak, atau kerajinan tangan, dll. Banyak hal yang layak kamu coba. Dengan mencoba hal-hal baru kamu akan merasa bahwa ilmu kita memang masih dangkal harus selalu banyak belajar. Skill anyar harus tetap kamu upgrade entah itu kuliner, IT, kerajinan dan lain-lain lebih baik daripada kamu cuma melongo.

7. Kepemilikan Tempat Tinggal Sebelum Usia 30 Akan Begitu Melegakan Dan Membahagiakan

Diusia menuju 30 kamu sudah mempunyai tempat tinggal yang layak daripada uang habis untuk biaya kost dan kontrak. Tentu hal ini sangat melegakan dan membahagiakan.

Meskipun rumah tempat tinggal kamu saat ini kamu dapatkan melalui KPR rasanya memiliki rumah sendiri akan membuatmu nyaman. Ini merupakan hal yang dapat kamu kejar jika kamu sudah mantap dengan pekerjaan kamu. Tetapi, mengambil langkah mengajukan KPR ini haruslah butuh perhitungan yang matang. Kamu yakin tidaknya dengan komitmen selama bertahun-tahun dengan pihak kreditor? Semuanya harus benar-benar kamu perhitungkan dengan baik ya!

8. Bebaskan Dirimu Dari Hutang Dan Rasakan Merdeka Secara Finansial

Sering kita mendengar ya “merdeka secara finansial”. Namun, apakah merdeka jika ternyata kamu masih punya cicilan mobil yang malah melebihi pendapatanmu sendiri? Bahkan mungkin juga kamu masih dalam rangka mengikuti KPR?

Yang pasti kamu saat ini sudah memiliki pekerjaan, punya rumah sendiri dan memiliki tabungan. Nah, kamu yang penting berada di titik aman sob. Yang penting kamu bisa menyeimbangkan kemampuan finansial kamu dengan gaya hidupmu!

9. Inilah Saatnya Kamu Berkeluarga Dan Menikmati Kebahagiaan Berdua

Jodoh, mati, rezeki sudah Tuhan atur. Tetapi, jika kamu tidak berusaha ya jodohmu gak akan dapat juga yang lebih tepat kamu harus memantaskan diri. Untuk usia berapa kamu menikah memang tidak ada aturan bakunya sih ya.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang sainstific kamu harusnya menikah diatas usia 25 tahun. Saat ini sudah diketahui bahwa sel telur saat umur ini sedang bagus-bagusnya. Yang pasti sama halnya sebelu memasuki usia 30 tahun kamu harus berpikir dan bertindak memikirkan segalanya “apakah kamu mau menikah atau tidak”. Nah, jadi kamu harus paham apa yang harus kamu lakukan dengan keputusanmu itu sob! Emang gak seru juga sih bahagia tapi sendiri gak lengkap banget gitu deh rasanya haha. Dan tenanglah bahwa memang manusia diciptakan secara berpasang-pasangan, tak hanya manusia bahkan hewan juga apalagi kamu. Tenanglah, kamu pantas berbahagia karena Tuhan sayang sama kita semua.