Bisakah Mobil Tua Mendapatkan Perlindungan Asuransi Mobil

Bagi Anda yang merupakan pemilik mobil tua atau kolektor mobil antik, tentunya Anda juga ingin memberikan perlindungan asuransi mobil yang lebih banyak agar mobil tetap dalam performa yang sempurna dan awet. Lalu bisakah kita mengajukan asuransi pada mobil tua?

Tentu saja bisa, tetapi asuransi mobil lama dan bekas memiliki ketentuan yang berbeda dengan yang baru. Misalnya, untuk dapat menggunakan asuransi mobil bekas all-risk, umur maksimum mobil adalah 10 tahun dan beberapa perusahaan asuransi mobil akan mengenakan biaya tambahan untuk mobil yang lebih tua.

Sementara itu, pertanggungan asuransi mobil TLO paling cocok untuk mobil tua umumnya dengan maksimal 10-20 tahun. Apa kelebihan asuransi mobil TLO untuk mobil tua atau bekas?

Premi asuransi mobil TLO relatif murah
Ganti kerugian ganti rugi biasanya 10% lebih rendah dari harga jual kendaraan
Ganti rugi atas risiko kecelakaan dengan penambahan Perpanjangan Jaminan TJH, umumnya juga akan memberikan ganti rugi kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian.
Jika terjadi kecelakaan dengan kerusakan lebih dari 75 persen atau kerusakan terlalu parah untuk diperbaiki, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi penuh.

Selengkapnya tentang asuransi mobil tua

Secara umum, banyak perusahaan asuransi mobil seperti Asuransi Mobil Astra Garda Oto, Asuransi Allianz dan Adira Autocillin diketahui menawarkan usia kendaraan maksimal 8 tahun untuk semua manfaat risiko asuransi mobil bekas dengan maksimal 15 tahun untuk dapat manfaat TLO.

Alasan pembatasan asuransi mobil all-risk Garda Oto didasarkan pada kenyataan bahwa semakin tua mobil, semakin sedikit suku cadang, seperti mobil BMW. Tentunya memastikan ketersediaan suku cadang sangat penting bagi pelanggan yang ingin memperbaiki mobilnya.

Perlu diketahui bahwa batasan usia ini juga diukur dari tahun berjalan atau pembelian, bukan dari kondisi kendaraan baru atau bekas.

Namun, ada juga perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan khusus untuk mobil antik, seperti mobil Mercy, yang berusia di atas 40 tahun dan mengkondisikan mobil beserta aksesorinya secara default.

Ada juga asuransi yang mengasuransikan mobil klasik berusia antara 20 hingga 40 tahun, asalkan mengalami perbaikan dan perawatan tanpa mengubah desain dan spesifikasi awal.