cek engagement rate instagram

2 Cara Cek Engagement Rate Instagram Secara Manual dan Menggunakan Tools

Kini, aplikasi instagram telah memiliki fitur terbaru yakni terkait dengan sebuah engagement rate dari aplikasi instagram tersebut. Sehingga tak heran jika para selebgram ingin melakukan cek engagement rate instagram untuk mengetahui peforma akunnya.

Sehingga dengan mengetahui peforma dari akun yang dimilikinya tentu bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam pembuatan konten. Hal ini dilakukan agar kedepannya pengguna bisa menjadi lebih baik lagi dalam pembuatan konten.

Secara umum, engagement rate Instagram adalah perhitungan yang menunjukkan persentase pengikut di sebuah akun yang berinteraksi dengan konten yang dibagikan.

Umumnya, engagement rate memperhitungkan jumlah suka dan komentar yang diterima sebuah postingan dan berkaitan dengan jumlah pengikut secara keseluruhan

Cek Engagement Rate Instagram

Untuk mengecek sebuah rate instagram, sebenarnya dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan secara manual dan juga menggunakan tools khusus.

Adapun untuk lebih jelasnya pengguna bisa menyimak cara yang akan disebutkan berikut ini. Berikut diantaranya:

1. Secara Manual

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek engagement rate di aplikasi instagram ini dapat dilakukan secara manual. Adapun langkah yang harus dilakukan oleh pengguna yakni:

  • Akses aplikasi Instagram dan pilih postingan yang ingin Pengguna evaluasi tingkat keterlibatannya.
  • Lakukan perhitungan interaksi dengan menggabungkan jumlah suka dan komentar pada postingan tersebut.
  • Gunakan rumus keterlibatan yang tepat. Formula untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram adalah dengan menghitung: (Total Suka + Total Komentar) / Jumlah Pengikut x 100.

Hal yang harus digaris bawahi adalah sebuah rate engagement yang ada di tiap postingan ini jumlahnya akan berbeda. Dikarenakan, perhitungan rate tersebut didasarkan dari jumlah suka dan juga komentar yang ada dalam postingan tersebut.

2. Menggunakan Tools All Starts

Selain dapat dihitung secara manual, rate engagement ini dapat dihitung dengan bantuan tools media. Adapun salah satu tools media tersebut yakni all starts.

Untuk langkah penggunaanya ini sebenarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Akses situs web All Stars di https://www.allstars.id/instagram-engagement-rate-calculator.
  • Setelah berhasil memuat halaman situs web, masukkan nama pengguna Instagram yang ingin Pengguna periksa tingkat keterlibatannya.
  • Tekan tombol ‘Check’ yang terletak di sebelah kanan kolom nama pengguna.
  • Secara otomatis, Pengguna akan melihat tingkat keterlibatan beserta statistik total pengikut, keterlibatan, jumlah suka, dan jumlah komentar.

Penting untuk dicatat bahwa alat ini hanya akan menghitung data berdasarkan 12 postingan terakhir. Oleh karena itu, tingkat keterlibatan yang diperoleh tidak mencakup keseluruhan riwayat postingan.

Bagaimana Tolak Ukur Engagement Rate Instagram?

Tidak ada tolak ukur yang baku untuk menentukan engagement rate yang ideal karena hal itu tergantung pada karakteristik bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian tolak ukur engagement rate sesuai dengan jenis konten yang diposting.

Engagement rate Instagram dapat diukur berdasarkan beberapa patokan umum. Jika engagement rate kurang dari 1 persen, itu menunjukkan tingkat ketertarikan audiens yang rendah terhadap akun tersebut.

Namun, jika berada di antara 3.5 persen dan 6 persen, itu menandakan tingkat keterlibatan yang tinggi. Antara 1 persen dan 3.5 persen dianggap sebagai tingkat keterlibatan rata-rata atau baik. Sementara itu, engagement rate di atas 6 persen menandakan tingkat keterlibatan yang sangat tinggi.

Sedangkan untuk konteks industri, tingkat keterlibatan sebesar satu hingga tiga persen dianggap memuaskan. Namun, jika keterlibatan melebihi tiga persen, itu menunjukkan bahwa audiens sangat aktif terlibat dengan konten yang dipublikasikan.

Namun, engagement rate di bawah satu persen ini bisa menandakan bahwa audiens dari akun tersebut secara keseluruhan kurang tertarik dengan konten yang diposting di akun Instagram. Perlu diingat bahwa tren engagement rate Instagram terus berkembang dan dapat mengalami perubahan.

Itulah uraian terkait dengan cara yang bisa dilakukan ketika ingin cek rate engagement instagram dari akun yang dimilikinya.  Selain itu, telah diberikan terkait dengan tolak ukur dari sebuah engagement rate instagram.