Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Playstore Terbaru

Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Playstore Terbaru

Tentunya sebagai pengguna android pernah mendownload sebuah aplikasi yang ada di playstore. Namun cara melihat aplikasi yang pernah di download di playstore terbaru ini ternyata bisa dilakukan hanya melalui fitur yang telah tersedia di smartphone.

Hal ini tentu sangat berguna jika pengguna ingin melihat daftar aplikasi yang sebelumnya pernah diunduh dan juga pernah digunakan. Selain itu, bisa pula untuk melihat aplikasi apa saja yang pernah terdownload namun tiba tiba.

Oleh karenanya, dengan mengetahui cara untuk melihat aplikasi yang sebelumnya pernah terdownload ini, tentu pengguna tak perlu khawatir jika suatu saat aplikasi terhapus. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tahapan cara yang bisa digunakan:

1. Buka Google Play Store

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Play Store pada perangkat seluler Pengguna. Ini bisa dilakukan dengan menemukan ikon Google Play Store di layar utama atau di dalam daftar aplikasi, lalu mengkliknya untuk membuka aplikasi.

2. Klik Menu Profil

Setelah membuka Google Play Store, Pengguna akan melihat ikon profil atau gambar profil Pengguna di bagian kanan atas layar. Klik ikon ini untuk mengakses menu profil dan opsi yang terkait dengan akun Google Pengguna.

Hal ini meruapkan salah satu tahapan dari cara melihat aplikasi yang pernah di download di playstore terbaru. Tentunya harus dilakukan urut dan bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya.

3. Klik My Apps & Games

Pengguna dapat mengeklik ‘My Apps & Games’ untuk melihat daftar aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Pengguna atau telah diunduh dari Play Store.

Lebih rincinya, setelah masuk ke menu profil, cari opsi yang bertuliskan My Apps & Games. Ketika Pengguna mengkliknya, Pengguna akan dibawa ke halaman yang menampilkan daftar aplikasi yang pernah Pengguna unduh atau terinstal di perangkat Pengguna.

4. Klik ‘Manage apps & device’ ,lalu klik tab ‘Manage’ yang ada di bagian atas.

Di dalam halaman My Apps & Games, Pengguna akan melihat beberapa tab atau opsi tambahan. Klik opsi yang bertuliskan Manage apps & device, kemudian pilih tab Manage yang terletak di bagian atas layar.

5. Lakukan perubahan Dropdown List

Klik ‘Installed’ di dropdown list di bagian atas untuk mengubahnya menjadi ‘Not Installed’. Pada tab Manage, Pengguna akan melihat sebuah dropdown list atau daftar turun yang memberikan opsi untuk menampilkan aplikasi yang terinstal atau tidak terinstal.

Langkah yang selanjutnya, bisa langsung klik pada dropdown list tersebut. Jika sudah kemudian pilih opsi Not Installed untuk menampilkan aplikasi yang pernah terinstal tetapi telah dihapus.

6. Pengguna Akan Ditampilkan Seluruh Aplikasi yang Pernah Terinstal

Setelah mengubah pengaturan untuk menampilkan aplikasi yang tidak terinstal, Pengguna akan melihat daftar aplikasi yang pernah Pengguna instal di perangkat Pengguna tetapi telah dihapus. Ini mencakup aplikasi yang mungkin Pengguna hapus secara sengaja atau karena alasan lain.

7. Gunakan fitur ‘Filter’ dan Ubah Menjadi ‘Recently Added’

Untuk lebih memudahkan dalam mencari aplikasi yang dihapus, Pengguna dapat menggunakan fitur ‘Filter’ yang tersedia. Ubah filter tersebut menjadi opsi Recently Added agar daftar aplikasi diurutkan berdasarkan waktu diinstalnya, memungkinkan Pengguna untuk dengan cepat menemukan aplikasi yang baru-baru ini dihapus.

Itulah uraian terkait dengan cara melihat aplikasi yang pernah di download di playstore terbaru. Tentunya dengan menggunakan beberapa tahapan yang telah diberikan tersebut, pengguna akan lebih mudah untuk menemukan aplikasi yang sebelumnya pernah terinstal.