Hal Harus Dilakukan Saat Akan Memulai Bisnis Baru

Memulai bisnis memang tidaklah mudah, terutama bisnis baru yang akan kita coba. Jika kita belum pernah memulai bisnis sebelumnya, mungkin ada rasa cemas ketika berkeinginan untuk memulai bisnis baru. Hal itu wajar, terutama jika anda tidak memiliki teman yang bisa mengajari anda berbisnis sebelumnya.

Cara dan Hal Sebelum Memulai Bisnis Baru

Dalam memulai bisnis anda harus memiliki semangat yang tinggi untuk melewati hal-hal sulit tersebut. Selain itu anda juga membutuhkan dukungan dari orang lain yang anda percaya dan mempercayai anda. Berikut hal yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis.

1. Mencari Visi dan Ide Memulai Bisnis Baru

Setiap memulai bisnis diharuskan memikirkan ide bisnis yang akan dimulai. Namun selain ide bisnis yang menarik anda perlu menekan visi anda dalam berbisnis. Dalam berbisnis ide yang unik tidaklah terlalu penting karena kita cenderung untuk mengimitasi sesuatu yang bagus. Yang harus anda lakukan adalah memiliki visi yang unik.

Jika ide yang anda miliki tidak unik karena kemungkinan orang lain sudah menggunakannya. Namun ketahuilah jika ide tersebut anda tambahkan dengan visi yang unik. Maka anda akan memiliki hal baru untuk dilakukan yang berbeda dengan orang lain. Sehingga anda bisa menjual ide anda namun anda harus melindungi visi anda.

2. Melakukan Penelitian

Penelitian sangat penting untuk menentukan arah sebelum memulai bisnis baru anda. Lakukan riset pasar dan ketahuilah basis konsumen anda. Jangan melakukan riset acak dengan bertanya dengan orang yang anda kenal atau anda temua. Belum tentu masukan yang diberikan sesuai dengan pasar bisnis anda.

Anda bisa melakukan riset dengan survei melalui media sosial. Misalkan anda mengeluarkan biaya untuk membuat iklan survei (Facebook Ads/Instagram Ads) di kota anda secara tertarget. Dengan begitu anda bisa mendapatkan hasil target pasar yang tertarget untuk memulai bisnis di kota anda.

3. Membuat Tim Bisnis

Jika anda baru akan memulai bisnis sebaiknya anda memulai bisnis dengan orang yang sudah berpengalaman dalam berbisnis. Anda bisa membuat tim dengan 2 orang atau lebih yang sesuai dengan visi yang anda miliki. Pastikan dengan anggota tim bisnis anda bisa saling berkomunikasi dengan baik sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik.

Ketika memulai bisnis dengan tim anda, ada hal yang harus anda perhatikan, seperti berikut:
Anda tidak bisa seenaknya mengatur waktu bisnis anda, anda perlu mendiskusikan dengan tim bisnis
Hal yang berkaitan dengan modal dan pembagian keuntungan sebaiknya dibahas sebelum bisnis berjalan
Jagalah komunikasi dengan tim bisnis anda, jangan sungkan untuk mengutara permasalahan bisnis

4. Berbisnis sama dengan Belajar

Bisnis adalah bentuk seni dan anda harus belajar atas segala tindakan yang terjadi terhadap bisnis anda. Pelajari semua yang bisa membantu anda dalam mengembangkan dan memulai bisnis baru yang hebat. Baca buku, dengarkan podcast, dan ikuti mentor yang telah sukses memulai bisnis yang sejalan dengan anda. Semakin banyak belajar maka semakin menambah pengalaman anda dalam berbisnis.

5. Jadilah Kompetitif

Cobalah bersainglah dalam sesuatu. Harga, kualitas, pengalaman, dan layanan. Cobalah untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen bisnis anda. Cari keuntungan yang sedikit mungkin dari apa yang anda jual, namun mendapatkan hasil yang maksimal karena akan membuat konsumen kembali kepada anda.